Monday, November 07, 2005

Veronika Decides to Die (Veronika Memutuskan Mati)

Veronika Decides to Die by Paulo Coelho
Diterjemahkan oleh Lina Jusuf, KPG, 2005.

Veronika Memutuskan Mati adalah novel tentang pencarian makna hidup dalam masyarakt yang terbelenggu rutinitas tanpa jiwa dan takluk terhadap tekanan sosial. Dengan tokoh utama Veronika, seorang gadis yang berusaha bunuhdiri, Paulo Coelho mengisahkan individu-individu rapuh yang terlempar ke rumahsakit jiwa karena hasrat, impian, dan sikap hidup mereka berbeda dengan yang dianggap normal oleh masyarakat.

54: Di masa remaja ia merasa terlalu dini untuk memilih; kini, setelah dewasa, ia yakin waktu untuk berubah sudah terlambat.

74: ... ia memanfaatkan kisah kasih tak sampainya itu sebagai alasan, sebagai dalih untuk melepaskan diri dari kehidupan yang dijalaninya, kehidupan yang jauh dari apa yang diharapkan.

78: ... kegilaan adalah ketidakmampuan mengkomunikasikan apa yang ada dalam pikiran. seperti ketika berada di negeri asing, kamu bisa meilihat dan memahami apa saja yang terjadi di sekitarmu, tetapi kamu tidak bisa menjelaskan apa yang kamu ketahui atau bantuan apa yang kamu perlukan, karena kamu tidak mengerti bahasa setempat.

108: ... satu-satunya fungsi dasi adalah memberi rasa lega ketika kita pulang ke rumah dengan melepaskannya; rasanya seperti terbebas dari sesuatu, meskipun kita sendiri tidak tahu sesuatu itu apa.

113: ... itulah sebabnya penerita selalu terpesona oleh sosok pahlawan atau orang gila, karena keduanya tidak takut hidup maupun mati. Baik pahlawan maupun orang gila tidak peduli bahaya yang mengancam dan terus maju tanpa mendengar ocehan orang lain. Orang gila bunuh diri, pahlawan mempertaruhkan nyawa, keduanya sama-sama mati ...

123: ... jangan terus-menerus berpikir bahwa kamu mengganggu, bahwa kamu mengusik orang di sebelahmu. bila orang tidak suka, mereka bisa mengungkapkannya. dan bila mereka tidak berani mengatakannya, itu salah mereka sendiri.

126: ... Apakah 'aku' yang sebenarnya itu?... Itu adalah dirimu sendiri, bukan apa yang diharapkan oleh orang lain terhadap dirimu.

189: Kalau kamu hidup Tuhan akan hidup bersamamu. Kalau kamu tidak mau mengambil resiko itu, ia akan menjauh ke surga dan keberadaan-Nya menjadi bahasan spekulasi filsafat saja.

208: ... papan ketik pada mesin ketik dan komputer dirancang sedemikian rupa agar orang mengetik lebih lambat, bukan lebih cepat.

210: ... apakah ingin berbeda dianggap sebagai penyakit serius?

1 Comments:

Blogger Farah said...

Blog Ban Debate
""Nobody can tell you what you do on your own time, on your computer, in your house," a user ... At a school assembly last month, Monsignor Kieran McHugh told the Roman Catholic school's 900 students that they must delete personal blog sites on Internet networking sites such as MySpace.com and Xanga.com or risk suspension.
Find out how to buy and sell anything, like things related to instant road repair on interest free credit and pay back whenever you want! Exchange FREE ads on any topic, like instant road repair!

4:10 AM  

Post a Comment

<< Home