Wednesday, November 02, 2005

The Fifth Mountain (Gunung Kelima)

The Fifth Mountain by Paulo Coelho
Alih bahasa oleh Tanti Lesmana, PT Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Diambil dari salah satu episode di Alkitab, The Fifth Mountain mengisahkan riwayat Elia yang ketika itu berumur 23 tahun dan melarikan diri dari Israel, karena hendak dibunuh oleh Izebel.
Dia menjadi pengungsi di kota Akbar yang indah, menumpang di rumah seorang janda dan anak laki-lakinya. Di tengah-tengah dunia yang kacau balau oleh peperangan, Elia mesti menentukan pilihan antara cinta yang baru tumbuh di hatinya dan kewajibannya yang mesti dituntaskannya.
Pencobaan-Pencobaan yang dialaminya membuat dia mempertanyakan kemurahan hati dan Kasih Tuhan, dan mendorong untuk mengambil satu keputusan : menentang Tuhan sampai Dia memberi jawaban.

39: ... Manusia ditakdirkan untuk mengingkari takdirnya. Tuhan hanya menempatkan tugas-tugas yang mustahil di hati manusia....

44: ... Perempuan itu membagi manusia menjadi dua kelompok: mereka yang menjalani pekerjaannya dengan suka cita, dan mereka yang mengeluhkan pekerjaannya. Kelompok yang disebut belakangan inilah yang memberi kesan seakan-akan Tuhan hanya menimpakan kutukan....

79: ... sebab dengan keyakinan penuh akan kemampuannya, berarti dia telah berbuat dosa kesombongan. Diberkatilah mereka yang mengalami saat-saat ragu..

92:.. Tapi kata-kata bisa menghancurkan tanpa meninggalkan jejak...

127: ... pada saat ini, banyak orang berhenti menjalani kehidupan. Mereka tidak marah, juga tidak berseru-seru memprotes; mereka sekadar menunggu waktu berlalu. Mereka tidak menerima tantangan-tantangan kehidupan, jadi kehidupan pun berhenti memberikan tantangan kepada mereka. Kau juga mengambil resiko yang sama; tunjukkan reaksi, hadapi hidup, tapi jangan berhenti hidup.

128: ... Mulailah melakukan sesuatu... dengan begitu, waktu bisa menjadi sahabatmu, bukan musuh.

155: Manfaatkan setiap saat sebaik-baiknya, sehingga kelak engkau tidak menyesali dan tidak meratapi kemudaanmu yang akan berlalu. Dalam setiap masa kehidupan manusia, Tuhan memberikan kekhawatirannya sendiri-sendiri.

171: Kalau kau pejuang yang baik, kau tidak akan menyalahkan dirimu, tapi kau juga tidak akan mengulangi kesalahanmu.

182: ... Sebab manusia harus memilih, ... disitulah letak kekuatannya: kesanggupan untuk memilih.

183: ... Manakah yang sementara?... yang tak terhindarkan... Dan manakah yang abadi? ... Pelajaran-pelajaran yang dipetik dari yang tak terhindarkan itu.

237: ... kalau harapan sudah tidak ada lagi, buat apa membuang-buang tenaga untuk melawan hal yang mustahil.

239:... Mereka memperoleh segala sesuatu yang mereka idam-idamkan, sebab mereka tidak dibatasi oleh kekecewaan-kekecewaan masa lalu.

242: Segala sesuatu yang seharusnya bisa terjadi, tapi tidak terjadi, tak ada gunanya dibicarakan lagi.

254:... satu-satunya solusi adalah melupakan masa lalu yang penuh keraguan, dan menciptakan sejarah baru untuk diri kita sendiri.

265: Ada tiga hal yang bisa dipelajari orang dewasa dari anak kecil: merasa bahagia tanpa alasan, selalu sibuk dan ada saja yang dikerjakan, dan bagaimana menuntut sekuat tenaga agar keinginannya dikabulkan.

268: ... orang-orang pemberani selalu keras kepala...

294: Adakalanya Tuhan menuntut kepatuhan. Tapi adakalanya juga Dia ingin menguji tekad kita, dan menantang kita untuk memahami kasih-Nya.

2 Comments:

Blogger David said...

Sony Unit to Distribute Software Patch
After a chorus of criticism, Sony Corp.'s music division said Wednesday it is distributing a free ... The controversy started Monday after Windows expert Mark Russinovich posted a Web log report on how he found hidden files on his PC after playing a Van Zant CD.
Hi, I am looking for new content to add to my blog, If you know of or have some content about Debt Consolidation could you please Check out our New debt consolidation counseling Blog and leave a post.

7:14 PM  
Blogger Askinstoo said...

Nice Blog!!!   I thought I'd tell you about a site that will let give you places where
you can make extra cash! I made over $800 last month. Not bad for not doing much. Just put in your
zip code and up will pop up a list of places that are available. I live in a small area and found quite
a few. MAKE MONEY NOW

7:16 PM  

Post a Comment

<< Home