Monday, November 07, 2005

The Devil and Miss Prym (Iblis dan Miss Prym)

The Devil an Miss Prym by Paulo Coelho
Alih bahasa oleh Rosi L. Simamora, Gramedia, September 2005.

Seorang laki-laki asing tiba di Viscos. Ia menganggap desa terpencil yang nyaris hancur itu tempat yang sempurna untuk memukan jawaban yang dicari-carinya, yaitu apakah pada hakikatnya manusia baik atau jahat? Untuk membuktikan jawabannya, orang asing itu bertekad mengerahkan segenap kelihaiannya, namun ia membutuhkan seseorang untuk menolongnya. Maka ia memilih Chantal, gadis yatim-piatu miskin yang sangat ingin meninggalkan Viscos. Tawaran orang asing itu akan mengubah hidup Chantal selama-lamanya, namun sebagai gantinya, ia harus mengkhanati nilai-nilai yang diyakininya.

Chantal dilanda perang batin, dan sebagaimana yang terjadi dalam diri setiap manusia, iblis dan malaikai bertarung alot di dalam hatinya. Siapakah akhirnya yang akan memenangi hati gadis itu? Malaikatkah, atau iblis? Sebab jika iblis menang, meskipun hanya di desa kecil yang nyaris terlupakan seperti Viscos, kemenangannya akan menyebar ke lembah, daerah, seluruh negeri, benua, tujuh samudra, dan akhirnya ke seluruh dunia.


51: ... ada dua hal yang mencegah kita meraih mimpi-mimpi kita: percaya bahwa mimpi-mimpi itu mustahil, atau menyaksikan bagaimana putaran nasib mendadak membuat impian itu menjadi mungkin, tepat ketika kita sama sekali tidak menduganya.

52: Manusia ingin mengubah segalanya, dan, pada saat yang sama, ia ingin semuanya tak berubah.

56: ... Baik dan Buruk memiliki wajah yang sama; semua bergantung dari kapan keduanya melintas di dalam kehidupan seorang manusia.

63: Hanya orang-orang yang takut mengambil sikaplah yang berpura-pura memiliki jiwa yang murah hati. Jauh lebih mudah untuk percaya dirimu baik daripada mengkonfrontasi orang lain dan berjuang mendapat hak-hakmu. Lebih mudah menelan makian dan tidak membalasnya, daripada balas melawan orang yang lebih kuat daripada dirimu. Kita bisa saja mengatakan kita tidak terluka oleh batu-batuan ayng dilemparkan orang lain pada kita. Namun pada malam hari - di saat kita sendirian dan istri atau suami kita atau teman sekolah kita telah tertidur - diam-diam kita meratapi kepengecutan kita sendiri.

64: ... mengapa orang-orang yang tidak memiliki sesuatu untuk dibicarakan selalu menganggap cuaca begitu penting.

80: Ada dua macam orang bodoh - yang tidak bertindak ketika diancam, dan yang mengira sedang bertindak karena telah melontarkan ancaman.

87: ... Bahkan Tuhan pun memiliki neraka, yaitu kasih-Nya pada umat manusia.

113: Ada ketakutan di dalam diri setiap orang di pantai yang indah itu... Takut akan kesendirian, takut akan kegelapan yang memenuhi imajinasi mereka dengan iblis, takut melakukan sesuatu di luar buku panduan bersikap baik, takut akan penghakiman Tuhan, akan apa yang dikatakan orang lain, akan hukum yang menghukum kesalahan mana pun, takut mencoba dan gagal, takut akan keberhasilan dan harus hidup di tengah rasa iri orang lain, takut mencintai dan ditolak, takut meminta kenaikan gaji, takut menerima undangan, pergi ke tempat yang baru, tidak bisa berbicara bahasa asing, tidak menunjukkan mimik yang tepat, menjadi tua, ditunjuk karena kekurangannya, tidak ditunjuk karena kelebihannya, tidak diperhatikan entah karena kekurangan maupun kelebihannya.

155: ... Untuk mencapai yang terbaik dalam dirinya, manusia membutuhkan yang terburuk dari dirinya.

190: ... Ia ingin menjadi bijaksana, tapi tidak memiliki kemampuan berpolitik. Ia ingin bersikap adil, namun tidak memiliki kearifan. ia ingin menjadi politikus, tapi tidak mempunyai keberanian.

247: Semuanya hanya masalah pengendalian diri. Dan pilihan. Tidak kurang, tidak lebih.

250: ... hidup bisa terasa amat panjang atau sangat singkat, tergantung bagaimana kau menjalaninya.

1 Comments:

Blogger adam hoallow said...

Totally cool! I just added a bookmark to you because you're blog is awesome. Just what I was looking for...

My blog is about match making, mostly tips on match making and stuff.

I have a sister that would love your blog so I'll tell her (if you don't mind).

Come check me out if you want...
french kissing tips

3:52 AM  

Post a Comment

<< Home